Resep Cilok Goreng Tetap Empuk Walau Sudah Dingin

Resep Cilok Goreng Tetap Empuk Walau Sudah Dingin
gambar dokumentasi pribadi

Assalamualaikum Bunda

Halo teman-temanku semua

Jumpa lagi dalam blog Mama Ina

Kali ini saya mau berbagi Resep Rahasia Cilok Goreng yang tetap empuk walau sudah dingin. Kalau teman-teman biasanya makan cilok rebus yang kenyal, kali ini kita akan coba membuat cilok goreng yang tak kalah lezat.

Resep cilok goreng ini mudah banget dan akan menjadi camilan yang enak, kenyal dan bikin ketagihan. Teksturnya juga Kenyal dan Lembut. Resep cilok goreng ini juga banyak di sukai oleh anak anak loh.

Cocok banget ya Bunda untuk ide camilan di rumah bersama keluarga. Pasti orang rumah akan senang saat menyantapnya, selain itu juga bisa jadi ide jualan jajanan yang awet kenyal loh.

Yuk simak ulasan lengkap resep cilok goreng tetap kenyal saat sudah dingin berikut ini!

Bahan – Bahan Resep Cilok Goreng etap Empuk Walau Sudah Dingin

Resep Untuk 5 Porsi

gambar dokumentasi mama ina
  • 15 sdm tepung tapioka/ 150 gr
  • 15 sdm tepung terigu / 150 gr
  • 350 ml air
  • 2 siung bawang putih
  • 15 butir merica
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 2 batang daun bawang
Baca Juga :  Resep Risoles Sayur, Hemat Mudah dan Ekonomis

Cara Membuat Resep Cilok Goreng etap Empuk Walau Sudah Dingin

gambar dokumentasi pribadi
  1. Langkah pertama kita buat bumbu nya terlebih dahulu ya menggunkan cobek saja ya bunda, haluskan bahan bumbu sampai benar – benar halus ya.
  2. Selanjutnya siapkan glopen atau tepat untuk merebus yang bunda miliki, kemudian masuk kan bumbu yang sudah di haluskan, kemudian tambahkan air kemudian di masak sampai mendidih terlebih dahulu.
  3. Sambil menunggu air nya mendidih kita campur bahan – bahan kering nya, potong – potong kecil daun bawang, kemudian siapkan wadah untuk membuat adonan.
  4. Masuk kan tepung terigu dan tepung tapioka kedalm wadah adonan, kemudian campur ke 2 tepung sampai tercampur merata.
  5. Setelah air bumbu mendidih kemudian kita angkat lalu langsung di tuangkan ke dalam wadah adonan berisi tepung yang sudah di campur.
  6. Aduk – aduk tepung dan air bumbu sampai tepung rata lembab ya, setelah dirasa sudah dingin kita lanjut adoni adonan menggunakan tangan agar hasil nya lebih bagus dan sempurna.
  7. Masuk kan potongan daun bawang, kemudian adoni kembali adonan sampai kalis ya.
  8. Setelah siap menguleni adonan dan sudah dirasa mudah di bentuk, lanjut kita bentuk cilok nya sesuai selera saja ya bunda.
  9. Setelah sudah siap membentuk semua adonan menjadi bulat – bulat cilok selanjutnya siapkan tempat perebusan yang air nya sudah mendidih ya.
  10. Tambahkan 1 sdm minjyak goreng ke dalam air rebusan agar cilok saat di rebus tidak menempel dengan satu sama laian.
  11. Masuk kan cilok semua ke dalam rebusan air yang sudah mendidih, rebus cilok sampai semua cilok mengapung semua ya.
  12. Setelah cilok matang kemudian kita angkat dan tiriskan, kemudian diamkan sebentar agar sedikit dingin lanjut tusuk – tusuk cilok menggunakan tusuk sate, untuk isi dalam satu tusuk bisa 4 atau 5 butir cilok bisa juga selera masing – masing.
  13. setelah siap di tusuk semua cilok nya kemudian kita siapkan kocokan 1 butir telur untuk baluran menggoreng cilok ya bunda.
  14. Baluri cilok satu per satu dengan telur sampai merata, kemudian kita siapkan penggorengan yang minyak nya sudah panas.
  15. Goreng cilok sampai matang dan terlihat kuning kecoklatan dan matang merata, kemudian angkat dan tiriskan.
  16. Cilok yang sudah siap di goreng tingal kita sajikan dan siap di santap menggunakan saos sambal.
Baca Juga :  Resep Camilan Bahan Tahu Telur dan Kol ala Mama Ina

Mudah bukan Bunda Membuat Resep Cilok Goreng yang awet empuk walaupun sudah dingin. Camilan dengan bahan sederhana tetapi hasil nya luarbiasa enak dan bikin ketagihan loh, cocok banget di makan saat masih hangat. Resep cilok goreng ini juga cocok buat ide jualan jajanan, yang pastinya akan di sukai oleh anak – anak.

Buat yang mau coba resepnya, bisa simak video lengkapnya di bawah ini.

Yuk, kunjungi YouTube channel Masakan Mama Ina. Jangan lupa tekan tombol like dan subscribe agar tidak ketinggalan dengan resep saya berikutnya.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *