Resep Pempek Tanpa Ikan ala Mama Ina. Super Mantap!

Resep Pempek Tanpa Ikan ala Mama Ina. Super Mantap!
Gambar koleksi pribadi Mama Ina

Assalamualaikum Bunda

Halo teman-temanku semua

Kembali lagi dalam blog Mama Ina

Senang banget ya Bunda kita bisa bertemu lagi

Kali ini saya mau berbagi resep Pempek Tanpa Ikan ala Mama Ina. Biasanya pempek menggunakan ikan ya bunda, tapi kali ini saya mau mencobanya tanpa ikan. Pastinya lebih murah dan tetap jadi hidangan yang lezat.

Resep Pempek Tanpa Ikan ini cocok banget untuk Bunda yang tidak punya bahan ikan atau tidak terlalu doyan Ikan, tetapi lagi ingin makan Pempek. Bahan utamanya dengan tepung yang mudah dicari kok Bunda.

Yuk langsung saja simak ulasan lengkap resep pempek tanpa ikan ala Mama Ina berikut ini!

Bahan Resep Pempek Tanpa Ikan ala Mama Ina

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan Utama

  • 300 gram tepung kanji/tepung tapioka
  • 150 gram tepung terigu
  • 250 ml air
  • 2 butir telur

Bahan Bumbu

  • 1 sendok makan kaldu bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 7 siung bawang putih
  • 1/4 sendok teh lada bubuk

Bahan Isian Pempek Kapal Selam

  • 2 butir telur

Bahan Kuah Cuko

  • 7 siung bawang putih
  • 7 buah cabai merah besar
  • 250 gram gula aren
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 300 ml air
Baca Juga :  Resep Bolu Mentega Tanpa Menggunakan SP

Bahan menghasilkan 7 Pempek Lenjer dan 4 Pempek Kapal Selam. Bisa untuk 2 porsi.

Cara Membuat Resep Pempek Tanpa Ikan ala Mama Ina

  1. Siapkan ulekan, letakkan bawang putih, lalu haluskan dengan cara diulek. Sisihkan dulu.
  2. Siapkan wajan/teflon. Tuangkan air, tuangkan tepung terigu, kaldu bubuk, garam, dan lada bubuk. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi. Aduk, campur, dan larutkan dulu agar tidak ada yang menggerindil. Jangan dipanaskan dulu ya Bunda.
  3. Letakkan wajan berisi campuran tepung terigu di atas kompor. Panaskan dengan api sedang. Panaskan sambil diaduk-aduk. Terus diaduk sampai menggumpal, menyatu, dan mengental. Satukan adonan yang sudah tidak berair. Matikan api dan pindahkan ke tempat untuk mengadoni.
  4. Siapkan adonan pempek di wadah/baskom. Masukkan telur, aduk dan campur dengan merata.
  5. Masukkan separuh tepung tapioka ke dalamnya, lalu aduk dan campur lagi ya Bunda. Kemudian, masukkan lagi sisanya semua dan campurkan semua. Aduk dengan menggunakan tangan agar cepat tercampur.
  6. Untuk isian pempek, saya pecahkan 2 butir telur ke dalam sebuah gelas. Aduk dan kocok lepas saja telurnya. Untuk baluran pempeknya, saya siapkan sedikit tepung tapioka.
  7. Balurkan telapak tangan dengan tapioka, lalu ambil sebongkah adonan, dan uleni. Besar-kecilnya sesuai selera Bunda ya. Uleni sampai halus.
  8. Untuk pempek kapal selam, beri lubang di tengahnya dan lengkungkan. Beri cekungan yang dalam agar isian telur nanti tidak tumpah. Masukkan kocokan telur (setengah dari cekungan). Tekan-tekan ujungnya, lilitkan seperti model pastel biar aman dan tidak tumpah waktu direbus. Ulangi proses ini ya Bunda. Untuk yang pempek lenjer, cukup ambil dan uleni adonan berbentuk panjang. Ulangi masing-masing proses hingga adonan habis.
  9. Siapkan panci, tuangkan air, lalu rebus hingga mendidih. Rebus dulu yang pempek kapal selam dengan menggunakan api sedang. Rebus hingga matang dan pempek mengapung. Jika sudah, maka angkat dan tiriskan. Hal yang sama juga berlaku untuk merebus pempek lenjer ya Bunda. Kalau sudah benar-benar mengapung, maka angkat dan tiriskan.
  10. Siapkan bahan kuah cuko pempek. Potong-potong cabe, bawang putih dan masukkan ke dalam blender. Tuangkan sedikit air ke dalam blender, lalu haluskan dengan cara diblender.
  11. Siapkan wajan, tuangkan bumbu yang diblender tadi, masukkan gula aren, sisa air, gula pasir, dan asam jawa. Masak sampai gula larut, kuah mendidih, dan sedikit mengental. Aduk terus ya Bunda. Jika sudah matang, maka matikan api. Angkat dan saring pada sebuah wadah.
  12. Waktunya menggoreng Pempek. Siapkan wajan, tuangkan minyak yang banyak, masukkan sedikit tepung tapioka, dan larutkan dalam minyak biar saat menggoreng nanti minyaknya tidak meletus-letus. Tunggu sampai panas minyaknya.
  13. Masukkan pempek ke dalam minyak panas dan goreng hingga warnanya kecokelatan. Gorengnya dengan api sedang saja ya Bunda biar matangnya merata. Jangan lupa dibolak-balik ya.
  14. Jika sudah matang, maka angkat dan tiriskan. Sajikan pempek dengan kuah cuko dan irisan ketimun. Pempek Tanpa Ikan siap disantap.
Baca Juga :  Resep Es Selendang Mayang untuk Buka Puasa

Itulah resep Pempek Tanpa Ikan ala Mama Ina. Cocok banget untuk camilan ataupun ide bisnis jualan jajanan. Walau tanpa ikan, tapi rasanya sangat enak. Teksturnya juga sangat empuk dan lembut. Mantap sekali bunda.

Buat teman-temanku yang mau mencoba resep Pempek Tanpa Ikan ini, bisa langsung tonton videonya di bawah ini.

Jangan lupa coba resepku yang lain di Channel YouTube Mama Ina dan Masakan Mama Ina ya.

Terima kasih Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *